Waspada, Ada Potensi Hujan Lebat, Petir, Hingga Angin Kencang di Sejumlah Wilayah di Indonesia

Kamis ( 26/04/2018 ) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengingatkan potensi terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir di sejumlah daerah.

Hal ini terjadi oleh adanya sirkulasi siklonik di Selat Karimata, Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, Laut China Selatan, dan Papua.

“Konvergensi terbentuk memanjang dari Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, Maluku Utara, hingga Laut Jawa,” kata Indar Adi Waluyo, Kepala BMKG Gorontalo, mengutip peringatan dini yang dikeluarkan Deputi Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Rabu (25/4/2018).

Dari data yang dianalisis BMKG ini, diketahui daerah belokan angin terdapat di Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Daerah-daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat, dan petir pada hari ini yaitu Aceh, Sumatera Utara bagian barat dan tengah, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Hujan lebat disertai angin kencang, kilat, dan petir pada Jumat besok dapat terjadi di Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluk Utara, dan Papua Barat.

“Dampak hujan lebat dan angin kencang ini harus diwaspadai,” ujar Indar.

 

 

Sumber : http://intisari.grid.id/read/03209805/waspada-ada-potensi-hujan-lebat-petir-hingga-angin-kencang-di-sejumlah-wilayah-di-indonesia

(Rosyid A Azhar)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan