Pelatihan Pembekalan Perangat Desa 2018 di BPSDMD Semarang

SEMARANG, pondok-wonogiri.sideka.id – Pelatihan Pembekalan Perangkat Desa Kabupaten Wonogiri untuk Gelombang III Tahun 2018 dilaksanakan tanggal 27 sampai dengan 30 Agustus 2018 bekerjasama antara Pemerintah Kabupaten Wonogiri dengan BPSDMD Propinsi Jawa Tengah.

Untuk Gelombang III (Angkatan 9,10,11dan 12) berjumlah 170 orang. Dengan persyaratan Peserta pelatihan Perangkat Desa baru menyetorkan dana pelatihan ke rekening yang terlampir pada surat edaran sebesar Rp 2.500.000,- per orang.

Peserta Pelatihan berangkat ke BPSDMD Propinsi Jawa Tengah dari Depan Kantor Bupati Wonogiri menggunakan Bus. Kemudian Chek in di Asrama dilanjutkan gladi bersih, acara pembukaan dan materi pelajaran. Materi yang diberikan oleh widyaiswara BPSDMD Prov. Jateng atau tenaga pengajar/narasumber antara lain Kebijakan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pengelolaan Aset Desa, Pengelolaan Keuangan Desa, Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, Administrasi Desa, Produk Hukum Desa, Pelayanan Prima dalam Pemerintahan Desa, Penguatan Potensi Diri, dan baris berbaris yang dipandu oleh bisuh dari AKPOL Semarang.

Peserta diharapkan dapat mengambil pelajaran dari kegiatan ini, menambah pengalaman, meningkatkan kedislipinan, tepat waktu, tanggung jawab. Secara umum tujuan diadakan diklat ini antara lain :

  1. meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika perangkat desa sesuai dengan kebutuhan instansi;
  2. menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;
  3. memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat;
  4. menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Kabupaten Wonogiri adalah yang pertama kali melakukan patihan di BPSDMD Prov. Jateng guna peningkatan kapasitas SDM dalam hal pengetahuan, keterampilan dan kedisiplinan.

­

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan