Profil Desa

Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah merupakan satu  dari  9 desa di Kecamatan Ngadirojo yang mempunyai jarak 12,80 km dari kota kabupaten. Secara geografis Desa Pondok sendiri terletak di perbatasan dengan:

 

Sebelah Utara                   : Desa Ngadirojo Kidul

Sebelah Timur                            : Desa Kerjo Lor

Sebelah Selatan                : Desa Gedong

Sebelah Barat                             : Desa Pokoh Kidul

 

Secara topografis desa Pondok kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri terdiri atas dataran rendah. Dengan ketinggian ±  239 m diatas permukaan air laut. Sesuai dengan letak geografis, dipengaruhi iklim daerah tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan 2 musim, yaitu musim kemarau pada bulan April – September dan musim penghujan antara bulan Oktober – Maret.

 

Desa Pondok dalam suatu sistem hidrologi, merupakan kawasan yang berada pada dataran rendah. Kondisi ini yang menyebabkan rawan terhadap bencana alam banjir pada musim penghujan.

 

Desa Pondok terdiri dari 12 dusun 12 RW dan 33 RT, dengan potensi perangkatnya terdiri dari Seorang Kepala Desa (Kades), satu orang Sekretaris Desa (Sekdes), tiga orang kasi, tiga orang kaur dan delapan Kepala Dusun (Kadus) mempunyai jumlah KK 2.084 dan jumlah penduduk 6.206 orang yang terdiri dari 3100 orang laki-laki dan 3106 orang perempuan, dan dengan jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) berjumlah 415 KK  RTM.

Facebook Comments